Mencicipi Clean Retina, Tema Responsive Untuk WordPress

clean retina tema wordpressTema responsive sudah menjadi topik yang sangat hangat saat ini. Para web developer maupun web designer berlomba-lomba untuk menciptakan tema yang dapat dipakai secara dinamis pada semua resolusi monitor. Selain itu, tema responsive pastinya juga mendukung berbagai model platform smartphone maupun tablet PC.

Setelah mengubek-ubek direktori tema WordPress, akhirnya saya menemukan satu tema responsive yang cukup ciamik buatan Themehorse. Tema wordpress ini diberina Clean Retina. Terdapat dua versi tema Clean Retina bagi pengguna yang ingin memakainya,

  • Clean Retina Free Edition
  • Clean Retina Pro Edition

Untuk penggunaan standar atau personal, kita dapat memakai Clean Retina versi gratis. Namun jika ingin fitur yang melimpah, Clean Retina Pro dapat kita beli seharga $45 atau setara 400-an ribu rupiah. Clean Retina versi Pro telah tersemat beberapa fitur tambahan mulai dari image galeri, optimasi font, template untuk perusahaan, ketersediaan 500+ jenis font dan masih banyak lagi.

Clean Retina dapat kita download langsung melalui WordPress atau kita bisa mengunjungi situs Themehorse untuk melihat komparasi fitur-fitur antara versi gratis dan pro dari tema tersebut. Di dalam fitur Clean Retina free edition, kita masih tetap bisa mencicipi sisi responsive design yang menurut saya sangat presisi dan menawan. Dibalut dengan background dan pattern bergaris, juga mendukung navigasi untuk platform tertentu. Menjadikan tema ini menjadi pilihan sangat tepat bagi pemakai CMS WordPress.

Dari hasil uji coba menggunakan device Samsung Galaxy Young dengan resolusi 320 x 240 px, Clean Retina tetap tampil anggun dan sangat presisi. Hampir tanpa kekurangan sedikitpun. Berikut adalah hasil screenshoot yang saya ambil ketika menggunakan Clean Retina melalui browser bawaan Android Gingerbread (Safari Browser).

Clean Retina di Browser Android dan Dolphin

Clean Retina di Browser Android dan Dolphin

Kemudian saya pun mengujinya menggunakan browser Mozilla Firefox versi Desktop yang telah saya pasang plugin User Agent Switcher. Setelah saya mengganti default User Agent menggunakan iPhone / iPod Touch, saya kemudian melakukan zoom-in maksimum pada browser Firefox. Hasil yang ditampilkan masih sangat presisi, gambar juga menyesuaikan resolusi, dan tanpa adanya objek yang keluar dari area browser (no scrolling width).

Clean Retina di Browser Desktop

Clean Retina di Browser Desktop

Bagi pemakai plugin Wp-Apptouch Theme di CMS WordPress, kita pun tetap dapat menggunakan tema ini dengan mengganti Mobile theme to be displayed ke Clean Retina. Jangan lupa install dahulu tema tersebut ke dalam CMS WordPress, tanpa perlu menonaktifkan tema desktop utama kita.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

2 thoughts on “Mencicipi Clean Retina, Tema Responsive Untuk WordPress

  1. Designnya keren banget clean retina mas. Saya suka sekali dengan theme-theme simple, agar pembaca lebih fokus apa yang saya share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.