Beragam Platform Untuk Memulai Sebuah Website

Terkenal tidak harus melalui Facebook, Instagram atau platform-platform sosial media lainnya, namun pembaca juga bisa terkenal karna tulisan Anda yang terpajang bebas di internet dan dibaca oleh ribuan bahkan jutaan pemirsa, bagaimana caranya? Buatlah website yang berisi tulisan non-Hoax. 😀

Berbicara mengenai pembuatan website, ada beberapa faktor penting yang harus pembaca pikirkan sebelum memulainya, yaitu memilih platform. Platform dalam bahasa sehari-hari bisa kita sebut saja dengan wadah atau tempat.

Di jagad maya, tersedia banyak sekali platform untuk pembuatan website. Saya sempat menghitung ada lebih dari 20 platform mulai dari platform terpopuler WordPress, hingga platform yang barangkali pembaca kurang familier Jekyll, Ghost, maupun Koken.

Dalam kesempatan yang cukup lega ini, saya akan mencoba merangkum beberapa platform untuk membuat website, blogging, membuat toko online, hingga sekedar menulis tulisan sederhana di dunia maya. Mari kita mulai dengan yang paling populer, WordPress

WordPress

Tidak banyak yang menyangka, sebuah produk Open Source yang tersedia gratis ini menjadi platform Content Management System yang paling populer di internet. WordPress adalah sebuah engine untuk keperluan pembuatan website yang masih banyak dilirik oleh para blogger karena kemudahan pengelolaan dan juga kemampuan yang semakin canggih.

Wordpress Logo

Jutaan web dan blog di internet menggunakan CMS ini berkat kehandalan dan kelengkapan fitur didalamnya. Bagi pengguna baru, tidak akan lama untuk beradaptasi dengan CMS ini. WordPress tersedia gratis bagi Anda yang akan memulai membuat website bahkan e-commerce. Dukungan dan komunitas WordPress juga sangat aktif.

Silahkan kunjungi tutorial cara membuat website, yang mungkin akan bermanfaat jika pembaca ingin memulai WordPress.

Tutorial instalasi, penggunaan, pengelolaan sudah banyak sekali tersebar dimana-mana, buku, e-book, blog dan lain sebagainya. Pembaca akan dengan mudah menemukan solusi jika suatu ketika bermasalah dengan platform bikinan Matt Mullenweg ini.

Ghost

Bagi pembaca yang baru mendengar platform CMS ini, Ghost adalah platform yang juga ber”genre” Open Source dan digadang-gadang akan menyaingi WordPress. Beberapa blogger di dunia maya telah beralih menggunakan Ghost.

Gost blog

Gost blog (ghost.org)

Kelebihan yang cukup menonjol dari platform ini adalah kesederhanaannya dalam pengelolaan. Template maupun Theme yang disediakan Ghost juga cukup modern untuk dijadikan sebagai rumah untuk tulisan Anda.

Koken.me

Jika pembaca berniat membangun sebuah blog atau website yang berisi karya fotografi, maka Koken layak pembaca coba. Platform ini diperuntukkan khusus untuk fotografer yang ingin memajang karya mereka di dunia maya.

Koken Platform

Koken – Koken.me

Karna diperuntukkan khusus untuk fotografer, Koken memiliki dashboard pengelolaan yang telah dirancang khusus untuk foto-foto Anda. Bahkan jika pembaca memiliki karya-karya yang telah diunggah ke sosial media seperti Instagram maupun Flickr, Koken dapat menyematkan konten-konten tersebut di website Anda dengan mudah.

Tidak ada salahnya untuk mencoba Koken, karna platform ini sepertinya sudah tersedia secara khusus di Softaculous atau Anda bisa mendownloadnya sendiri kemudian diinstall kedalam hosting pembaca.

Jekyll

Platform ini cukup populer dikalangan programmer maupun nerdy. Jekyll banyak dipakai oleh mereka yang tidak memiliki waktu untuk mengelola database dan kecepatan mengupload tulisan.

jekyll

jekyll

Iya, Jekyll adalah sebuah platform statis untuk membangun blog atau website tanpa memerlukan database. Pembaca hanya perlu mengunggah tulisan Anda pada Jekyll kedalam Github, kemudian melakukan pointing Domain ke DNS Github.

Platform ini juga tersedia gratis dengan banyak template, namun yang perlu digaris bawahi adalah pengelolaan Jekyll tidak seperti CMS pada umumnya karna Jekyll bersifat static generator, jadi pembaca harus mengunggah isi tulisan Anda menggunakan format HTML atau Markdown. Ingin mencoba?

Matomo

Dahulunya bernama Piwik, namun sekarang berganti judul dan emblem menjadi Matomo. Platform ini cukup populer untuk pembuatan website maupun dashboard analytics. Matomo umumnya digunakan untuk menampilkan data-data internal sebuah perusahaan atau data-data publik.

Platform ini juga gratis, pun memiliki banyak pilihan template yang tersedia.

Dari beberapa platform diatas, hanyalah secuplik dari puluhan platform untuk membantu pembaca membuat sebuah website. Pilihlah sesuai dengan kecocokan pembaca tanpa perlu membanding-bandingkan satu dengan yang lain. Salam satu jiwa, Gens una sumus! 😀

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.