Konfigurasi USB Debugging Samsung Galaxy Untuk Eclipse

USB Debugging pada Samsung Galaxy memungkinkan kita untuk memantau kinerja dan fungsi dari aplikasi dalam lingkungan Android tanpa menggunakan emulator Android SDK. Hal ini dapat memungkinkan ADB untuk mengeluarkan perintah langsung ke sistem operasi sehingga seorang developer pemula pun dapat mengetahui bagaimana kinerja aplikasi yang berjalan di perangkat.

USB Debugging Samsung Galaxy

USB Debugging Samsung Galaxy

Sebelum melakukan pengaturan Debugging, kita diharuskan untuk melakukan instalasi Samsung Kies (tersedia di paket Samsung) dan juga driver usb untuk Samsung Galaxy. Jika Anda belum memilikinya saya sertakan link download langsung dari vendor Samsung. Serta download USB 3 Asmedia Driver jika ada problem tertentu, berikut link downloadnya :

Download Samsung Kies Download USB 3 Asmedia

Terlebih dahulu install Samsung Kies, koneksikan perangkat Samsung kita jika ada pemberitahuan mengkoneksikan perangkat. Tunggu hingga muncul halaman utama Samsung Kies. Jika perangkat berhasil terhubung dan driver berjalan normal, pada halaman Kies akan tampil seperti ini :

Samsung Kies

Setelah Kies berjalan normal, mari kita atur USB Debugging di Samsung Galaxy melalui pengaturan utama pada perangkat. Berikut adalah caranya :

  • Masuk ke menu Pengaturan -> Aplikasi -> Atur Aplikasi
  • Centang mode Mendebug USB

Proses debugging dan uji coba dengan menggunakan perangkat secara langsung memanfaatkan USB data asli dari perangkat Samsung Galaxy Young S5360. USB ini dipasangkan secara langsung antara perangkat dan komputer. USB perangkat ini berjenis USB 3.0 dan mendukung konektivitas dengan kecepatan tinggi.

Selanjutnya kita bisa masuk ke Eclipse untuk melakukan konfigurasi lanjut debugging ke perangkat Samsung Galaxy. Berikut cara setting pada Eclipse. (Terlebih dahulu perangkat Samsung dihubungkan dan jalankan Kies).

  • Pada Eclipse, pilih menu Run -> Run Configuration
  • Pada jendela Run Configuration, buka tab Target, pilih Always prompt to pick device
  • Masih di jendela Run Configuration, coba pilih salah satu project Android atau Phonegap kita.
  • Klik Run , tunggu beberapa saat akan muncul Android Device Chooser seperti di bawah ini, itu artinya USB Debugging Samsung Galaxy Anda sukses terinstall :
Android Device Chooser

Android Device Chooser

Dengan menggunakan USB Debugging Samsung Galaxy, kita sekarang dapat mendevelop langsung paket aplikasi Android yang dibuat dengan Eclipse ke dalam perangkat Samsung Galaxy menggunakan media USB tanpa melalui emulator Android.

Pada praktik ini, penulis menggunakan perangkat Samsung Galaxy Y S5360, dan bisa dipraktikkan juga untuk Samsung Galaxy versi lain, seperti Galaxy Mini, Galaxy Pocket, Galaxy Tab, Galaxy Note dan perangkat yang mendukung Kies Samsung.

 

11 thoughts on “Konfigurasi USB Debugging Samsung Galaxy Untuk Eclipse

  1. Saya kemarin pakai galaxy S2 ada masalah, eh.. ternyata pengaturan devicenya aja yang belum komplit..
    Thanks bro !

  2. Bro, saya pake lenovo a706, sudah berhasil debug app lsg d HP nya. tapi kok keyboard jadi ga bisa utk ngetik ya? waktu klik input text > focus > kluar keyboard
    tp waktu ngetik, ga kluar karakternya mulu :(
    ada solusi?

    thanks

  3. Ralat :

    Masuk ke menu Pengaturan -> Aplikasi -> Atur Aplikasi
    Centang mode Mendebug USB

    Bukan “Aplikasi”, Gan, tapi Pilihan pengembang.

    Anyway, thx infonya.
    Tapi masih bingung apa gunanya USB 3 Asmedia Driver ya? Hmmh..

  4. Gan,saya mau nanya ,kalau mau nge RUN ke HP evercoss gimana gan ?mohon solusinya
    kirimin ya gan solusinya ke email saya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">