Membangun Area Kerja HTML5 Untuk Aplikasi Mobile

Untuk membangun aplikasi mobile dengan mudah berbasis HTML5 dan Phonegap, tentunya kita juga harus membangun area kerja yang pas untuk keperluan developing. Pada artikel sebelumnya, penulis sudah menyarankan agar kita wajib mempunyai text editor pemrograman, aplikasi Eclipse dan tentunya koneksi internet.

Dalam tutorial pemantapan kali ini, penulis akan melanjutkan secara lebih jelas hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk membangun area kerja berbasis HTML5. Hal yang diperlukan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Instalasi Java

Instalasi Java dimaksudkan untuk menjalankan aplikasi testing yang berbasis Java dan memerlukan teknologi Java untuk menjalankannya. Java juga berfungsi sebagai media kompilasi paket aplikasi Android.

Paket instalasi Java telah tersedia secara gratis di website http://oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Untuk memastikan versi Java yang telah terinstal di komputer Windows, penulis memanfaatkan aplikasi CMD Windows dengan menggunakan perintah CMD java -version :

Mengecek versi Java

2. Instalasi Android SDK

Android SDK adalah salah satu tool yang diperlukan sebagai alat bantu dan API untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android. Penulis mendownload secara langsung Android SDK dari situs http://developer.android.com secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Lokasi folder Android SDK

Lokasi folder Android SDK

Paket Android SDK yang telah terdownload, dipindahkan ke dalam partisi C sistem Windows 7. Folder Android di sistem C: ini berfungsi untuk menampung file-file Android SDK.

3. Instalasi Eclipse SDK versi Terbaru (diperkenankan versi Juno)

Eclipse di download langsung dari situs http: //www.eclipse.org/downloads dan bersifat free. Eclipse versi Juno mempunyai banyak keunggulan dibanding versi-versi sebelumnya. Salah satu keunggulannya adalah optimasi untuk kompilasi Android menggunakan Android Development Tools (ADT).

Eclipse Versi Juno

Eclipse Versi Juno

Setelah melakukan serangkaian instalasi di atas kita masih diharuskan untuk memasang beberapa tools maupun plugin agar PhoneGap dapat diimplementasikan dengan baik ke dalam area kerja. Dalam tutorial berikutnya akan penulis lanjutkan untuk pembahasan :

 

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.