Membuat Bagan Google Chart Dengan PHP MySQL

Bagan atau chart memang mempunyai fungsi yang cukup penting dalam dunia statistik maupun analisis. Dengan ditampilkannya bagan maka representasi data akan terlihat secara jelas dan memungkinkan data menjadi mudah dibaca. Berkaitan dengan bagan, seorang web developer sebenarnya bisa membuatnya dengan native PHP language. Namun hasil yang ditampilkan pasti terlihat kaku dan kurang interaktif.

PHP JSON Google Chart

PHP JSON Google Chart

Bagi sebagian developer web, menampilkan bagan dengan memanfaatkan library chart akan mempunyai banyak kelebihan. Dari sisi estetika desain terlihat baik, dan interaksi data pun dapat terlihat teratur. Di internet terdapat banyak sekali library sejenis ini, namun tutorial pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana caranya membuat bagan grafik yang dinamis menggunakan API dari Google, yakni Google Chart Tools.

Tutorial

Download Source Code

Mari kita mulai saja dengan studi kasus pembuatan bagan “Hasil Kuesioner” dengan 5 parameter “Sangat Tidak Puas“, “Tidak Puas“, “Puas“, “Cukup Puas“, dan “Sangat Puas“. Pada 5 parameter tersebut akan terdapat nilai-nilai hasil kounter (perhitungan) dari pengisian kuesioner. Ibaratkan pada setiap parameter sudah terisi beberapa nilai. Mari kita coba membuatnya:

Pertama, kita harus membuat database menggunakan MySQL, bernama “Kuesioner” atau terserah, buat juga tabel di dalamnya dengan nama “Hasil“, pada tabel hasil tersebut buat 2 field dengan nama “Parameter” (String) dan “Nilai” (Integer). Isikan masing-masing parameter dan nilai sebagai dummy datanya, seperti berikut :

Parameter dan Nilai Dummy Pada Kuesioner

Parameter dan Nilai Dummy Pada Kuesioner

Perlu diingat parameter dan nilai tersebut kita isikan secara manual melalui phpmyadmin. Nilai pada parameter merupakan dummy yang bisa kita ubah sesuai keinginan pembaca.

Kemudian Buka folder xampp localhost Anda, dan buat folder baru bernama “Googlechart” (optional). Di dalamnya buat dua file bernama index.php dan json.php. Javascript yang diperlukan untuk mendukung pembuatan chart ini adalah API dari Google Chart dan Jquery Berikut adalah isi dari file index.php :

file index.php di atas adalah memanggil hasil query database “kuesioner” berbentuk JSON (Notasi Objek Javascript) yang nanti akan kita buat. Berikut adalah isi dari file json.php :

Hasil dari query di atas akan terbentuk data Json yang akan dapat terbaca oleh Google Chart. Anda bisa melihat hasil data json dengan mengetikkan localhost/googlechart/json.php. Dan untuk melihat hasil tampilan Bagan chart yang terbentuk kita tinggal memanggil melalui url localhost/googlechart/index.php. Hasil chart akan tampil seperti di bawah ini :

Hasil Google Chart Tool Untuk Kuesioner

Hasil Google Chart Tool Untuk Kuesioner

Untuk lebih memahaminya, saya sudah menyertakan link source code yang telah saya upload ke Github.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

7 thoughts on “Membuat Bagan Google Chart Dengan PHP MySQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.