Library Jquery dan Javascript Untuk Aplikasi Phonegap

javascript library logoMenurut saya, tanpa adanya library Jquery maupun Javascript di dalam aplikasi Phonegap itu bagaikan kita membuat robot tetapi masih digerakkan secara manual. Andaikan ada robot yang seperti itu, memang masih bisa dikatakan robot meski tidak efisien.

Sama halnya ketika kita membuat aplikasi entah itu Android, iOS, Blackberry yang berbasis Phonegap. Pemanfaatan library Javascript dan Jquery adalah hal yang sangat disarankan untuk memberikan pengalaman kepada si pemakai aplikasi, entah itu dari sisi interface maupun fitur.

Sekarang ini banyak sekali plugin-plugin di internet yang support untuk disandangkan dengan aplikasi web. Namun belum tentu plugin tersebut juga tepat jika dipakai untuk aplikasi Phonegap.

Berdasarkan beberapa pengalaman membuat aplikasi berbasis Phonegap, saya disini akan mencoba memberikan beberapa informasi kepada pembaca perihal plugin yang dapat diaplikasikan dengan Phonegap. Berikut diantaranya :

plusJquery Mobile

Dengan menggunakan Jquery Mobile, seorang developer akan sangat dimudahkan dalam pembuatan mock-up maupun interface aplikasi Phonegap. Jquery Mobile adalah sebuah area kerja (framework) yang dapat dipakai untuk pengembangan aplikasi mobile maupun web berbasis mobile.

Framework berbasis HTML5 ini memiliki fitur responsive design yang telah mensupport banyak sekali perangkat mobile seperti Android, iOS dan lainnya. Selain untuk perangkat mobile, framework yang dikembangkan oleh Jquery ini juga mendukung implementasi untuk perangkat tablet atau bahkan desktop.

plusJqTouch

Hampir sama seperti Jquery Mobile, JqTouch atau disingkat dengan jQT juga dapat dipakai untuk pembuatan user interface aplikasi Phonegap berbasis Android maupun iOS. Plugin yang mensupport Zeptojs dan Jquery ini akan memberikan nuansa sentuhan (touch) pada aplikasi Phonegap seperti pada aplikasi native.

Plugin jQT akan sangat baik jika dimanfaatkan untuk development aplikasi iOs untuk Phonegap. Jangan heran jika Plugin ini memang sepenuhnya bernuansa interface seperti iOS, karena akan terasa maksimal jika diaplikasi untuk perangkat dengan spesifikasi dan resolusi tinggi.

plusJquery SlickQuiz

Nah, jika pada artikel yang lalu-lalu saya pernah mempraktikkan pembuatan aplikasi kuis berbasis Phonegap menggunakan Plugin JquizMe. Ternyata masih ada juga plugin Jquery yang mensupport secara praktis pembuatan kuis aplikasi Android. Kita bisa menggunakan SlickQuiz.

Kelebihan Jquery SlickQuiz menurut saya terletak di fitur transisi antar pertanyaan. Efek transisi pada SlickQuiz lebih halus dan dokumentasi implementasinya juga cukup baik. Silahkan kunjungi Github SlickQuiz jika ingin mencoba mengaplikasikannya.

plusJquery Pageslide by Srobbin

Jika menu dan interaksi interface aplikasi kita ingin dibuat seakan-akan menu slide pada aplikasi native. Kita perlu mencoba plugin yang dibuat oleh Srobbin ini. Pageslide merupakan plugin yang dapat dipakai untuk memberikan efek slide pada panel navigasi menu aplikasi kita. Apabila ingin mencobanya silahkan kunjungi srobbin.com

plusOthers

Selain plugin-plugin yang saya sebutkan di atas tentunya masih ada segudang library Jquery atau Javascript lain yang dapat diimplementasikan untuk pembuatan aplikasi Phonegap. Seperti :

  • img.cache.js (untuk kontrol interaksi gambar)
  • node.js (library yang dapat dipakai untuk aplikasi dengan basis server)
  • jQUi atau Jquery UI (manipulasi user interface)
  • appUi (alternatif lain seperti Jquery Mobile untuk efek interface)
  • Twitter Bootstrap
  • dan masih banyak lain.
 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.