Tools Optimasi SEO dan Statistik Website

Untuk memaksimalkan kinerja dan mengetahui detail trafik dan analisa SEO sebuah website, saat ini sudah banyak tools atau perangkat lunak yang dapat digunakan. Sebagian besar dari perangkat tersebut merupakan add-ons atau sistem script yang ditanamkan dalam sebuah website agar pihak ketiga dapat melakukan analisa aktivitas user pada suatu website.

Layaknya sebuah pintu tol, website pun demikian. Dibutuhkan sebuah sistem analisa trafik data pengunjung untuk mendapatkan detail informasi yang nantinya dapat digunakan oleh administrator website untuk menganalisa kebutuhan situs dan SEO (Search Engine Optimization). Tools-tools tersebut biasanya bersifat “free use“, namun ada pula yang bersifat “premium” (berbayar).

Ada beberapa manfaat yang didapatkan administrator ketika websitenya dipasang statistik tools, diantaranya :

  • Mengetahui flow trafik website
  • Mengetahui tingkah laku user saat mengunjungi website
  • Mengetahui web page (halaman web) yang paling banyak dikunjungi
  • (Bahkan) kita bisa melakukan manipulasi hasil search engine.
  • Dan lain sebagainya

Dari manfaat-manfaat di atas, berikut adalah beberapa daftar tools analisa website yang dapat dipasang oleh administrator untuk melakukan optimasi website bersangkutan. Berikut sedikit penjelasannya :

1Google Analytics dan Google Webmaster

Sistem analisa di Google Analytics merupakan yang paling populer dibanding tools lain. Platform Google Analytics banyak dipakai oleh administrator website untuk mengetahui detail trafik di dalam sebuah website yang terpasang script analytics. Setidaknya ada 6 fitur utama di Google Analytics yang sangat berguna bagi para administrator, diantaranya adalah :

  • Tools analisa dan pelaporan untuk export data trafik
  • Sistem analisa konten di website
  • Sistem analisa trafik website yang berasal dari sosial media
  • Fitur monitoring menggunakan perangkat mobile phone (Android)
  • Fitur konversi jumlah trafik pengunjung
  • Fitur analisa advertising, jika Anda juga memakai Google Adsense

Pasangan serasi Google Analytics yang dipakai administrator untuk memaksimalkan performa situs adalah Google Webmaster. Webmaster memiliki perbedaan mendasar pada beberapa fungsionalitas dan fitur tools.

Google Analytics - Real Time Visitor

Google Analytics – Real Time Visitor

Webmaster menawarkan fitur yang lebih spesifik untuk dipakai merangkum performa situs maupun optimasi SEO, misalkan saat terjadi downtime server. Selain itu Google Webmaster juga bisa mengetahui konten mana saja yang gagal terindeks oleh Google Search Engine.

2Histats

Histats juga merupakan platform / tools analisa trafik website yang cukup populer bagi para SEO optimizer. Banyak dari webmaster menggunakan tools gratis ini untuk melihat trafik secara real time dan fast update. Biasanya, para admin website juga memasang widget untuk melihat secara langsung jumlah pengunjung website mereka.

Histats - Mkhuda Site

Histats – Mkhuda Site

Histats memiliki beberapa fitur utama seperti General stats, Live user online, Log analyzer dan masih banyak lagi. Website yang menempati ranking 25 situs terpopuler di Indonesia ini bisa dikatakan adalah alat wajib yang biasa dipakai admin website dari Indonesia.

3Bing Webmaster

Platform analytics buatan Microsoft ini tampaknya masih dipandang sebelah mata oleh beberapa administrator website. Namun jika melihat perkembangan Bing (Search Engine buatan Microsoft) yang sekarang menempati peringkat ketiga market share mesin pencari, penulis rasa Bing Webmaster adalah tools tambahan yang cukup menarik untuk dipakai.

Bing Market Share

Bing Market Share

Bing Webmaster tools menawarkan beberapa fitur yang (sebenarnya) hampir mirip dengan Google Webmaster Tools. Perbedaan mendasar adalah Bing Webmaster memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan oleh administrator website untuk mensubmit url mereka secara manual ke sistem Search Engine Bing.

4Daily Stat (WordPress Plugin)

Bagi para pemakai CMS WordPress, plugin ini bisa kita jadikan default sistem analisa trafik website tanpa perlu memasang script tambahan pada header atau footer. Namun, amat sangat disayangkan plugin ini sudah tidak disupport lagi oleh developernya (luciole135).

Daily Stats - Overview

Daily Stats – Overview

Padahal menurut pengalaman saya, Daily Stats cukup baik dalam merangkum detail visitor website secara lebih sederhana namun lengkap. Daily Stats menampilkan jumlah visitor perhari, IP Address masing-masing pengunjung, asal negara pengunjung, Referring site dan lainnya.

Hasil uji coba yang dilakukan penulis, Daily Stats masih bisa dipakai untuk WordPress dengan versi 2.8 hingga 3.8. Untuk menggunakan plugin ini pastikan hosting Anda memiliki spesifikasi server yang mumpuni, karena Daily Stats akan melakukan create database secara otomatis untuk menyimpan hasil trafik.

5Alexa Dashboard

Alexa sebagai situs peranking website di dunia juga menawarkan sebuah tools untuk melakukan analisa trafik website. Dari situs resminya (Alexa.com), platform untuk statistik ini ditawarkan secara berbayar. Meskipun demikian, kita masih bisa memanfaatkan Alexa Dashboard versi gratis, dengan fitur yang minimal dibanding versi berbayarnya.

73% of All Webmasters Fail to Count Their Traffic

73% of All Webmasters Fail to Count Their Traffic

Alexa Dashboard Analytics memiliki fitur utama yang bisa dibilang adalah fitur standar sistem analisa web. Namun yang menjadi menarik dari platform buatan Alexa ini adalah fitur seperti Site Comparison (dipakai untuk komparasi dengan website lain), Uptime Monitor (Monitoring kinerja uptime server website), SEO Audit, Site Audit, dan lain sebagainya.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

7 thoughts on “Tools Optimasi SEO dan Statistik Website

  1. artikel yang bermanfaat mas , tapi menurut saya dari kelima tools diatas itu fungsi nya buat analisa website , bukan tools optimasi seo sedangkan di judul artikel anda Tools “Optimasi SEO dan Statistik Website” Tanpa tanda kutip , hehe
    Terima kasih sebelum nya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.