Tips Keamanan Aplikasi Web PHP & MySQL

PHP bukanlah ilmu dan teknologi baru bagi kalangan developer web. Jutaan website di dunia maya telah disokong oleh bahasa pemrograman ini. Saking banyaknya website yang menggunakan PHP untuk engine dan backend sistem, makin banyak pula penyelinap (hacker) yang mencoba membobol sistem PHP terutama yang menggunakan database MySQL.

PHP Security

PHP Security (Image by Webmarketingpros)

Dalam kasus, cukup banyak website yang berbasis PHP MySQL dibobol oleh hacker. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa PHP adalah sistem yang rentan diserang hacker. PHP tetaplah memiliki security yang hebat dan powerfull jika developer bisa memaksimalkannya. Bagaimana caranya ?

plusServer Hosting

Penulis tidak akan membahas mengenai spesifikasi server PHP yang menyokong untuk keamanan. Tapi yang paling penting dari server ini adalah keamanan yang digunakan oleh penyedia hosting kita (apabila menggunakan hosting). Maka dari itu, coba carilah hosting yang profesional ataupun capable dalam menghadapi masalah security untuk klien mereka.

Sedikit saran, akan lebih baik apabila kita berada di wilayah Indonesia maka gunakanlah server yang berada di Indonesia. Hindari menggunakan server luar negeri (US).

plusSQL Injection

Serangan yang paling sering disukai oleh hacker dan juga peretas database adalah SQL Injection. Biasanya terjadi pada web berbasis PHP dan MySQL. Metode SQL Injection yang dipakai oleh hacker biasanya memanfaatkan form-form di dalam website yang tidak dilengkapi dengan script pengamanan khusus.

Langkah-langkah yang setidaknya bisa kita pakai untuk menghindari pembobolan database lewat form adalah menggunakan fungsi mysql_real_escape_string() untuk menghindari string-string tertentu yang dipakai hacker saat membobol query database sistem. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi mysql_real_escape_string() :

$username = mysql_real_escape_string($_POST['username']);
$password = mysql_real_escape_string($_POST['pass']);

$query = "SELECT * FROM user WHERE username = '$username'";
$hasil = mysql_query($query);

plusPengamanan .htacsess

htaccess adalah sebuah file konfigurasi yang ditaruh pada direktori root sistem aplikasi web. Htaccess dapat dipakai untuk konfigurasi khusus aplikasi web kita, misalkan untuk redirect ke halaman tertentu, membatasi akses halaman, dan lain sebagainya. Sebagai fitur pengamanan, .htaccess dapat kita manfaatkan untuk merestrict (membatasi) pengaksesan folder-folder di dalam sistem web kita. Contohnya :

Order deny,allow
deny from all

Kode .htaccess diatas dipakai untuk membatasi akses ke dalam suatu folder di dalam web. Untuk memanfaatkannya, taruhlah file bernama .htaccess yang berisi kode diatas ki dalam folder web yang ingin kita batasi.

Selain menggunakan metode diatas, kita bisa juga menggunakan .htaccess untuk melakukan manipulasi file PHP yang kita pakai. Misalkan kita memiliki website berita, dan untuk menampilkan berita tersebut digunakan file “http://mywebsite.com/news.php?id=(id berita)“. Untuk memanipulasi menjadi “http://mywebsite.com/news/berita-id” kita bisa menggunakan perintah ini melalui .htaccess pada root folder utama website :

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteRule ^news/([^/]*)/([^/]*)/?$	/news.php?id=$2
</IfModule>

plusPenggunaan Fungsi MD5

Untuk masalah pengamanan login, developer biasa menggunakan sistem login yang telah diberi fungsi MD5 pada script action login. Meskipun menggunakan MD5, terkadang website masih bisa dibobol karena hacker juga bisa menggunakan sistem brute force canggih. Berikut adalah contoh penggunaan MD5 :

$password = md5($password);
if ($password == $data['password'])
{
  echo "sukses";
}
else
{ 
  echo "<h1>Login gagal</h1>";
}

Untuk memaksimalkan MD5, sangat disarankan untuk menggunakan kombinasi password yang berisi karakter string sulit (alay). Misalkan 1n1p4ssw0rdgwe (inipasswordgue).

Selain keempat tips diatas, masih banyak tips lain untuk mengamankan website berbasis PHP. Untuk CMS berbasis PHP seperti WordPress, Drupal maupun Joomla tentu memiliki tips dan jalan tersendiri untuk pengamanan sistem. Terima kasih, semoga bermanfaat !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

4 thoughts on “Tips Keamanan Aplikasi Web PHP & MySQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.