Masa Depan Teknologi Percetakan 3 Dimensi

sepatu sepakbola nike 3D printer

Nike Product with 3D Printer

Ada yang pernah mendengar tentang 3D printer? atau bahkan sudah punya? Nah, jika setiap hari kita melihat berbagai bentuk macam permainan anak-anak, mungkin itu salah satu produk dari teknologi percetakan 3 dimensi yang sudah dimiliki beberapa pabrikan manufaktur. Dan kenyataannya memang hampir semua pabrik manufaktur di seluruh dunia sudah menggunakan teknologi 3D printer untuk menghasilkan desain maupun prototype produk mereka.

Sekarang ini terdapat dua jenis printer 3 dimensi yang ada di pasaran, diantaranya adalah :

  • Printer 3D untuk komersil, dan
  • Printer 3D bagi penggunaan personal atau rumahan.

pabrik manufakturPengguna 3D printer jenis komersil tentunya adalah pabrik-pabrik manufaktur. Dari berbagai sumber yang saya dapat, ternyata penggunaan 3D printer lebih menguntungkan dan memiliki ketepatan waktu untuk proses pendesainan produk. Bahkan sebuah pabrik yang menggunakan 3D printer sekarang dapat memangkas biaya pemrosesan prototype produk mereka.

Nike, sebagai salah satu produsen sepatu terkenal ternyata menggunakan teknologi 3D printer untuk pemrosesan desain produk mereka. Salah satu produk yang dihasilkan Nike dari kombinasi teknologi 3D printer dan manual adalah Vapor Laser Talon (lihat gambar sepatu di atas). Nike memilih menggunakan penggunaan printer 3 dimensi ini karena pemrosesan secara tradisional sangat tidak memungkinkan untuk pembuatan sepatu secara masal.

personalSebagai orang rumahan, kita pun sebenarnya bisa mendapatkan teknologi printer 3D ini untuk kepentingan tertentu. Namun kita harus merogoh kocek antara $300 – $2000 untuk mendapatkannya. Yang jadi masalah lagi sebagai pengguna rumahan adalah apakah kita harus menjadi seorang profesional desain terlebih dulu untuk membuat sebuah produk 3D ? Tidak.

Karena sekarang ini aplikasi 3D mulai dari yang paling mudah hingga expert sudah banyak di pasaran. Tutorial penggunaannya pun mudah kita temukan di internet. Oh iya, apa saja aplikasi untuk 3D printer yang dapat kita pakai ? Ini dia saya pilihkan aplikasi dari yang gratis hingga berbayar :

  • Google SketchUp (Gratis)
  • AutoCad 3D (Berbayar)
  • Solidwork (Berbayar)

3D printer personal sebenarnya akan mempunyai banyak manfaat bagi Home Industri yang memproduksi produk-produk prototype. Meskipun harganya cukup mahal, tapi penggunaannya bisa memangkas tenaga kerja dan mempercepat proses desain.

Masa depan memang tidak bisa kita kira-kira, tapi masa depan yang cerah adalah mimpi untuk semua orang.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

5 thoughts on “Masa Depan Teknologi Percetakan 3 Dimensi

    1. bahan atau isinya macam-macam pak. biasanya terdiri dari bubuk pewarna, rubber, plastik, kertas, tembaga, dan cairan khusus yang memungkinkan membentuk sebuah obyek padat.
      jadi tidak hanya kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.