AngularJS, Phonegap, dan Jquery Mobile

Pagi tadi saya menemukan sebuah library yang menurut saya cukup asyik untuk dipelajari. Library tersebut bernama AngularJS dan di support secara penuh oleh para developer dari Google. Library Angular dapat saya kategorikan sebagai salah satu library yang dapat dipakai untuk memanipulasi dan memaksimalkan aplikasi web.

AngularJS by Google

Beberapa fitur yang terdapat di dalam AngularJS di antaranya adalah :

  • Data binding, fitur ini merupakan bagian source yang dapat kita pakai untuk menampilkan view model dan memanipulasi DOM
  • Controller, memberikan kebebasan kepada pengguna library untuk melakukan register callback dan beberapa model data.
  • Javascript Asli (Plain Javascript), AngularJS memang bukanlah framework Javascript namun kemampuannya dapat dipakai untuk melakukan manipulasi fungsi dan model secara lebih mudah serta terstruktur.

Setelah membaca beberapa dokumentasi dan video tutorial di Youtube. Saya jadi mempunyai rencana untuk mengkombinasikannya dengan framework HTML5 milik Phonegap serta Jquery Mobile. Dalam hemat saya, AngularJS dapat dipakai untuk menampilkan source array secara lebih terstruktur ke dalam bentuk view HTML.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih detail mengenai library ini, silahkan kunjungi http://angularjs.org/. Dan untuk tutorial dalam bentuk video-nya, bisa dilihat di http://www.youtube.com/user/johnlindquist. Tutorial video tersebut dipraktikkan oleh John Lindquist dan menurut saya bisa kita jadikan acuan untuk development bersama Angular JS.

Silahkan lihat tutorialnya di sini :

Dan untuk kedepannya, saya akan mencoba membuat tutorial pengaplikasian AngularJS ke dalam sebuah aplikasi mobile. Semua artikel akan saya tulis dan uji cobakan langsung menggunakan device berbasis Android. Jadi, tunggu saja teman-teman ! 😀

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.