Cerita Tersembunyi Tentang Pak Habibie

Habibie atau saya memanggilnya Pak Habibie, merupakan sosok yang terkadang menjadi role model saya untuk terus berkarya. Beliau yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini merupakan pria tangguh kelahiran Pare-pare 25 Juni 1936. Kenapa saya memanggilnya Pak ? Iya memang karena rasa hormat saya akan jasa-jasa tersembunyi beliau.

Dari awal kiprah beliau di dunia politik hingga menjadi presiden RI. Pak Habibie sering kali atau memang memegang peranan penting di sektor pengembangan SDM di Indonesia. Pentingnya SDM yang berkualitas bagi negara Indonesia maka akan membentu sebuah negara yang memiliki kekuatan di banyak sektor. Itulah inti dari buku-buku yang ditulis mengenai perjuangan dan kiprah Pak Habibie.

Ada beberapa buku yang menulis mengenai kiprah Pak Habibie baik yang ditulis oleh beliau sendiri maupun penulis lain. Berikut adalah 2 buku yang sangat layak untuk Anda baca dan dijadikan motivasi berkarya.

plusHabibie dan Ainun

buku habibie dan ainunAwal mula saya mengenal “agak dalam”, mengenai pak Habibie ini saat meminjam sebuah buku berjudul “Habibie & Ainun” dari salah seorang teman. Saya baca halaman perhalaman dan menemukan banyak sekali hikmah historis sekaligus religius untuk pribadi saya. Karena baru saya sadari bahwa Pak Habibie adalah seorang Ilmuwan sekaligus manusia yang sangat taat dan menjunjung tinggi ajaran agama Islam di kehidupan beliau.

Sungguh tidak saya sadari, perjuangan beliau semasa hidup di negara Jerman bersama Sang Istri (Alm) Ibu Hj. Ainun Habibie. Dengan bermodalkan tekat, ilmu pengetahuan dan keteguhan dalam beragama, akhirnya kesuksesan bisa diraih pak Habibie hingga mengharumkan nama Indonesia pada masa itu.

Memang buku “Habibie dan Ainun” yang ditulis oleh beliau sendiri ini lebih menggambarkan tentang historis ibu Ainun semasa hidup bersama beliau. Akan tetapi jika diresapi lebih dalam, buku tersebut akan sangat memotivasi kita untuk selalu berjuang di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan asas-asas Islam. Sangat sulit.

plusHabibie 2 “Kecil Tapi Otak Semua”

Buku ini meskipun terkesan ringkas tapi isinya adalah ringkasan cerita beliau yang mungkin tidak terekspos di media lain. Buku yang menceritakan banyak peristiwa menarik tentang Pak Habibie ini ditulis oleh Andi Makmur Makka.

buku habibie 2

Dibagian belakang buku tersebut juga ditulis sebuah kalimat “The Untold Stories of Mr. Crack”, maksudnya adalah cerita-cerita yang tidak terkirakan dari seorang Mr. Habibie. Dengan bahasa yang enak dan ringkas, buku ini akan membawa Anda ke dunia pak habibie pada waktu itu.

Mulai dari kehidupannya sewaktu di Bandung, di Jerman, hingga menjadi Bapak Presiden RI, semua diceritakan dengan maksud untuk memberikan informasi kepada pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai dunia Pak Habibie. Di beberapa sub judul dipertengahan buku juga disebutkan beberapa cerita menarik seperti :

  • Pembaca Buku Habibie dan Ainun Tidak Jadi Cerai
  • Habibie sebagai Pencetus Teknologi Komunikasi Seluler
  • Kerupuk Sidoarjo

Motivasi Pemudaplus dan Para IT Enthusias

Semua cerita mengenai pak Habibie entah itu dari film maupun buku sebenarnya memiliki salah satu inti atau pesan agar kita selalu meningkatkan kemampuan SDM terutama di bidang IPTEK untuk kemajuan negara kita sendiri. Karena SDM adalah salah satu kunci dari strategi pembangunan sebuah negara (Kata Pak Habibie).

“Ilmu Pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipisahkan dengan sumber daya manusia. Hanya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu membesarkan gelas”

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Cerita Tersembunyi Tentang Pak Habibie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.